Pasar Barter Wulandoni Masih Bertahan Sampai Sekarang

Hal lain yang menarik dari Pasar Barter Wulandoni adalah para pedagang belum bisa melakukan transaksi sebelum pluit dibunyikan oleh petugas keamanan.

Ditengah hegemoni sistem pembayaran uang tunai dan juga online yang marak terjadi di era digital saat ini, ternyata masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Lembata masih menggunakan sistem jual beli barter.

Di Pasar Barter Wulandoni ini, anda masih menemukan para petani dari wilayah pegunungan menukar barang dagangan mereka berupa hasil pertanian seperti pisang, jagung dan sayur dengan hasil laut para nelayan dari wilayah pesisir.

Pasar barter Wulandoni telah ada sejak ratusan tahun silam. Satu hal unik yang anda temukan saat mengunjungi pasar ini adalah kuatnya persaudaraan dan tatanan sosial masyarakat setempat.

Para pedagang dari wilayah pegunungan yang mayoritas beragama Katolik Roma selalu rukun dan harmonis dengan para pedagang dari wilayah pesisir yang sebagiannya beragama Islam.

Hal lain yang menarik dari Pasar Barter Wulandoni adalah para pedagang belum bisa melakukan transaksi sebelum pluit (buri) dibunyikan oleh petugas (mandor).

Sebaliknya, transaksi tukar menukar barang harus dihentikan setelah pluit dibunyikan kembali oleh mandor. Upeti yang dipungut dari para pedagang di Pasar Barter Wulandoni juga berupa hasil alam yang dibawa setiap pedagang.

Barisan batu tempat duduk para pedagang di Pasar Barter Wulandoni

Barisan batu tempat duduk para pedagang di Pasar Barter Wulandoni

So, tunggu apa lagi? Ayo ke Lembata!

Saksikan serunya transaksi jual beli di Pasar Barter Wulandoni. Anda akan menemukan banyak hal setelah berinteraksi dengan pedagang di Pasar Barter wulandoni. Pasar Barter Wulandoni terjadi setiap hari Sabtu pagi pada Pukul 10.00 Wita.

Anda akan menempuh jarak 47 KM dari Kota Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata dengan durasi waktu sekitar 2 jam jika menggunakan sepeda motor.

Anda bisa juga menggunakan angkutan umum yang melayani rute ke pasar Wulandoni dari terminal barat Kota Lewoleba, meskipun kondisi sebagian jalannya belum beraspal.

Letak Pasar Barter Wulandoni juga tidak terlalu jauh dari desa nelayan Lamalera yang terkenal dengan tradisi penangkapan ikan paus.

English English Indonesian Indonesian