Pantai Mingar

Pantai Mingar meruapakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kabupaten Lembata. Pantai yang berada di Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutung ini terkenal memiliki bentangan pasir putih yang lebar dan sangat panjang. Di musim barat ombak di pantai ini tergolong besar.

Selain bentangan pasir putih pemerintah desa setempat juga telah membangun fasilitas umum seperti lapangan voli pantai. Selain menikmati keindahan bentangan alam Pantai Pasir Putih Mingar, anda juga dapat bermain voli di pantai ini. Beberapa spot foto instagram juga dapat ditemukan di bagian timur Pantai Mingar.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain memiliki keindahan bentangan alam, di Pantai Mingar juga terkenal dengan tradisi Guti Nale oleh masyarakat setempat. Guti Nale merupakan trandisi mengangkat cacing laut di sepanjang pantai mingar yang terjaid sekitar akhir Februari atau awal Maret setiap tahun.

Tradisi ini melalui berbagai proses ritual ada yang menarik untuk diikuti oleh setiap wisatawan yang berkunjung.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jika lapar, anda boleh menikmari berbagai kuliner atau penganan khas masyarakat setempat seperti ketupat dan ikan bakar. Dari Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata anda membutuhkan waktu sekitar sejam untuk bepergian ke Pantai Mingar menggunakan sepeda motor atau mobil.

Desa Pasir Putih juga memilii daya tarik wisata budaya berupa kompleks kampung adat yang terdiri dari rumah adat suku-suku di Mingar dan rumah tengkorak manusia dari peninggaan nenek moyang mereka sekitar 2000 tahun yang lalu.

English English Indonesian Indonesian