Gunung Api Ile Lewotolok

Gunung Api yang memiliki ketinggian 1423 mdpl ini menawarkan keindahan alam dan sensasi melewati jalur treking yang menantang.

Gunung Api Ile Lewotolok  yang memiliki ketinggian 1400 mdpl ini masih aktif dan hingga kini masih menyemburkan asap tipis dari dalam kawahnya. Keunikan gunung api ini adalah memiliki bentangan padang pasir yang cukup luas di atas puncaknya.

Dari puncak Ile Lewotolok pengunjung dapat menikmati sunrise dari balik kepulan asap tipis kawah gunung ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmarti lenskap Kota Lewoleba dan Pulau Lembata serta Pulau Adonara dari puncak Ile Lewotolok.

Untuk mencapai puncak gunung ini, pengunjung harus terlebih dahulu menuju Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur dengan waktu tempuh hanya 30 menit dari Ibukota Kabupaten Lembata, Lewoleba. Untuk mencapai ke puncak Ile Ape, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dari titik star 0 mdpl.

Beberapa alternatif jalur menuju puncak Ile Ape yaitu jalur Lewotolok, dengan titik start kampung lama Lewotolok ; jalur Jontona, melewati kampung lama Lewohala ; jalur Waowala, dan Jalur Kolontobo Ohe.Untuk dapat menikmati sunrise, waktu terbaik untukn mendaki Ile Lewotolok adalah pukul 24.00 – 01.00 Wita.

Di beberapa titik, jalur pendakian yang landai cukup memudahkan, namun di titik lain anda membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai pada puncak Ile Lewotolok. Namun jangan khawatir, para pemandu yang sudah terbiasa mendaki Ile Lewotolok akan setia menemani anda hingga ke puncak.

Clik Here for Maps :

 

English English Indonesian Indonesian