Bukit Cinta

Namun di saat musim kemarau, kemilau kuning keemasan padang savana memanjakan mata setiap pengunjung yang hadir.

Bukit Cinta Lembata atau yang biasa disebut BCL merupakan salah satu destinasi wisata terintegrasi di Kabupaten Lembata. Bukit Cinta Lembata dapat dijangkau menggunakan transportasi darat dari Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata. Akses jalan menuju BCL sudah sangat baik.

Mata pengunjung akan dimanjakan dalam dengan dua pemandangan sekaligus yakni bukit dengan hamparan padang savana yang luas, dari Bukit Susu dan pantai dengan pasir putih yang indah dan memesona dari Pantai Kwakat.

Dari pusat BCL pengunjung dapat menikmati Bukit Jomblo, bukit dengan ciri khas yakni hanya satu pohon yang tumbuh di puncaknya. Pohon “jomblo” ini dapat dijadikan spot foto untuk prewedding. Pemandangan bukit literasi juga tak kalah indah. Di Bukit Cinta Lembata, pengunjung dapat memanfaatkan beberapa pondok kecil untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan Kawela Hills dan Pantai Benawa serta luasnya pemandangan bebukitan di sebelah barat dari Bukit Doa atau Bukit Kontemplasi serta Wolor Beach Watomitem.

Hamparan padang savana di sekitar Bukit Cinta Lembata

Bebukitan ini membentang apik sepanjang pesisir pantai.  Desiran ombak laut selat Boleng yang menambah eksotik pemandangan Bukit Cinta Lembata. Pada musim hujan, ilalang di Bukit Cinta menimbulkan gradasi warna hijau tua dan hijau muda yang sangat cantik dan menawan. Begitupun pemandangan bebukitan lain yang ada di sekitar Bukit Cinta Lembata.

Bukit Cinta Lembata juga menyediakan arena untuk atraksi tarian dan berbagai macam wahana outbond yang cocok untuk para pencinta alam serta arena track sport.

 

Salah satu sisi Bukit Cinta Lembata menjadi lokasi paralayang. Dari sini pengunjung yang memiliki hobi paralayang dapat terbang sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Perpaduan sunset dan selat sempit antara Pulau Adonara dan Solor yang menakjubkan menjadi incaran para fotografer dari pelataran view point Bukit Cinta.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

View Point ini berada tepat di belakang monumen LOVE yang ikonik dan Zoo Garden Hills. Dua spot ini berada tidak jauh dari markah bukit raksasa bertuliskan “Lembata”. Markah ini dapat dijadikan salah satu spot foto kenang-kenangan bagi pengunjung yang pernah ke Kabupaten Lembata. Tidak hanya itu, jika anda ingin tampil lebih keren, maka beberapa spot foto instagramable menjadi background yang dapat anda pilih.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semua destinasi wisata tersebut diatas sangat cocok untuk dikembangkan secara terpadu menjadi wisata Integrated Bukit Cinta Lembata (BCL) Wolor Pass, yang bertujuan menambah nilai manfaat industri pariwisata, peningkatan ekonomi masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lembata.

 

Fasilitas dan sarana prasarana :

  1. MCK
  2. Plaza Pusat Jajanan / Kuliner
  3. Rumah Kuliner
  4. Panggung Pertunjukan/Tribun
  5. Gazebo
  6. Venue Paralayang
  7. Wahana Outbond(Flying fox, sejadah terbang, biang lala, tracksport dan repling)
  8. Papan Petunjuk
  9. Gerbang masuk : ada 2
  10. Tempat sampah
  11. Parkiran

Olahraga paralayang saat sunset di Bukit Cinta Lembata

Wisata Integrated Bukit Cinta Lembata (BCL) di Desa Bour Kecamatan  Nubatukan, Meliputi :

  1. Bukit Cinta Lembata (BCL)
  2. Bukit Literasi
  3. Bukit Jomblo
  4. Zoo Garden Hills
  5. Bukit Susu
  6. Bukit Doa dan Bukit Kontenplasi
  7. Wolor Beach Watomiten
  8. Kawela Hills
  9. Pantai Kwakat
  10. Pantai Benawa
English English Indonesian Indonesian